Anda disini » Home » , » Analisa & Optimasi Performa Blog dengan Firebug dan Pagespeed

Analisa & Optimasi Performa Blog dengan Firebug dan Pagespeed

Performa loading blog merupakan salah satu hal yang tidak bisa dpandang remeh, dari segi SEO sudah sering dikatakan bahwa metode peng-indekan yang dilakukan oleh search engine juga memperhitungkan kecepatan loading sebuah blog atau website, Alexa sendiri bahkan sempat memperingatkan tentang hal ini. Dari segi pengunjung (human), bisa dikatakan kecepatan loading blog merupakan hal yang mutlak penting karena semakin lelet loading blog sobat maka semakin cepat pula blog sobat ditinggalkan.

Pada postingan sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang “Cara meng-kompres css blog agar loading blog ringan” yang juga merupakan salah satu optimasi performa blog. Kali ini saya akan berbagi sedikit tentang salah satu tools yang dapat digunakan untuk menganalisa performa loading blog sebagai langkah untuk meningkatkan performa blog menjadi lebih baik.

Firebug dan Page Speed
Dua buah tools yang dapat dipadukan untuk menganalisa performa loading blog sekaligus akan langsung memberikan saran dan informasi mengenai beberapa bagian di dalam blog yang perlu untuk dioptimasi guna performa blog yang lebih baik.
Setelah men-download kedua aplikasi tersebut, buka blog sobat hingga selesai lalu jalankan toolsnya dengan cara meng-klik pada icon kumbang yang terletak di pojok kanan atas atau pojok kanan bawah browser sobat seperti ini : optimasi-performa-blog dengan-pagespeed-firebug-logo

Lalu akan muncul sebuah jendela seperti ini :
cara-optimasi-mempercepat-loading-blog-dengan-pagespeed-firebug-picture

Klik pada Page Speed lalu klik Analyze Performance

Firebug akan langsung menganalisa lalu perhatikan poin performa blog sobat (0-100%). Jika poin yang ditunjukkan sebesar 100 maka bersukurlah karena artinya blog sudah benar-benar optimal dari segi kualitas performa blog, namun jika poin masih dibawah 100% maka perhatikan list potensi yang diberikan sebagai langkah untuk optimasi dan memperbaiki blog agar loading blog menjadi lebih cepat.

Menurut saya, firebug yang dipadu dengan pagespeed ini lumayan komplit dan sangat bermanfaat sebagai alat analisa performa blog, sementara poin blog ini (ketika postingan ini ditulis) masih dalam tahap standar yaitu 91%, masih sangat tidak memuaskan (pengennya sih 100%) karena beberapa komponen tambahan blog (gadget) seperti : facebook fans dan networked blogs lumayan banyak memakan proses loading blog. Namun untuk beberapa komponen lainnya seperti optimasi image, javascript, css, dll masih dalam tahap pengembangan untuk menjadi lebih baik.

Analisa untuk blog ini :
firebug-pagespeed-analisa-loading-blog-agar-loading-tidak-berat-picture

Bagaimana dengan blog sobat ? sudah dianalisa ?

Semoga Bermanfaat.
Referensi :

agus-hadi-photo-authorSetiap tutorial atau file download yang Anda temukan pada blog ini bebas digunakan untuk apapun sesuai dg keinginan anda, baik dengan maupun tanpa kredit ke blog ini. Tentang  |  Profil Google  |   Profil Blogger  |   Berlangganan via email
>> Ditulis dalam kategori ,

Anda dapat meninggalkan komentar, atau trackback dari blog anda.
Ada 6 Komentar tentang "Analisa & Optimasi Performa Blog dengan Firebug dan Pagespeed"
  1. Mantab kang

    [Balas Komentar]
    Anonim :

    good day panduan-info.blogspot.com admin found your site via Google but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have found site which offer to dramatically increase traffic to your blog http://xrumerservice.org they claim they managed to get close to 1000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my website. Hope this helps :) They offer most cost effective backlink service Take care. Jason

    [Balas Komentar]

    terima kasih banyak atas artikel yg bermanfaat ini..


    #Semoga sehat selalu

    [Balas Komentar]

    mantap sob

    [Balas Komentar]

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar maupun pendapat anda pada kolom di bawah ini :

© Panduan - Info 2010 is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Hadi Wijaya