Anda disini » Home » , » Cara Mengganti Favicon Blogger

Cara Mengganti Favicon Blogger

Sudah banyak blog yang membahas tentang cara mengganti logo blog atau yang lebih dikenal dengan nama Favicon ("favorites icon”), saya sendiri sebenarnya agak enggan untuk mengganti logo blogger blog ini sebagai wujud terima kasih atas blog gratisan yang telah disediakan oleh blogger/blogspot. Tapi saya mulai berpikir kalo favicon blog bisa memiliki peran dan pengaruh yang cukup signifikan terhadap SEO. Ahh apa iya ? Namun karena saya sedang tidak begitu semangat membicarakan SEO, jadi mari kita langsung ke topik ulasan tentang cara mengganti favicon blogger/blogspot ini (biarpun faktanya : postingan ini tetap saya masukkan ke dalam kategori Optmasi SEO juga’ Tertawa terbahak-bahak)

Bagi anda yang sudah paham cara mengganti favicon di blogger tapi lupa caranya silahkan langsung baca pada panduannya dibawah ini.

Bagi yang masih asing dengan apa itu favicon? sedikit penjelasan : Favicon (favourite icon) adalah icon kecil yang berada di samping alamat blog atau website anda. Ada yang menyebutnya sebagai “logo blog” atau “icon blog”.

Apa fungsi favicon? Yang jelas sebagai modal untuk gaya-gaya’an agar penampilan blog terlihat lebih menarik sekaligus sebagai salah satu bentuk identitas yang membedakan blog anda dengan blog-blog lainnya. Apabila anda membuat blog di Blogger/Blogspot, maka favicon yang berada di samping alamat URL anda adalah berupa favicon blogger, seperti ini:
cara_mengganti_favicon_default_blogger_blogspot_(panduan-info.blogspot.com)_screenshoot

Kalau sudah diganti dengan favicon pribadi maka hasilnya favicon blogger akan terlihat seperti ini (contoh favicon blog ini) :
ganti_logo_blogger_dengan_logo_milik_sendiri_(panduan-info.blogspot.com)_screenshoot

  1. Siapkan sebuah gambar yang akan di jadikan sebagai favicon blog anda. Anda bisa menggunakan gambar/logo ber-format GIF, JPG, ICO, dll. Jika anda bingung menentukan logo/gambar yang akan digunakan, baca dulu : [Ganti Favicon Blogmu dg Favicon Gratis]
  2. Masuk ke  akun blogger dengan ID anda.
  3. Klik >> Rancangan >> Tata Letak (Layout)
  4. Klik  >> ‘Edit’ pada gadget favicon
cara_ganti_favicon_default_blogger_blogspot_dengan_favicon_sendiri_(panduan-info.blogspot.com)_screenshoot
4.  Masukkan gambar/logo yang ingin anda jadikan favicon blog anda
5.  Simpan, dan anda sudah memiliki blog dengan favicon sendiri.

TAMBAHAN :
Saya sendiri lebih suka menggunakan logo/gambar berformat .ico untuk dijadikan favicon, jika anda juga ingin mengubah format logo/gambar anda yang awalnya berformat JPG, GIF, dll maka anda bisa memanfaatkan fasilitas gratis dari Favicon Generator untuk mengubah format gambar/logo anda menjadi format .ico.
Cara mengganti format gambar di favicon generator :
  1. Masuk ke situs Favicon Generator di : [http://www.favicongenerator.com]
  2. Masukan gambar yang ingin di ubah menjadi format ico
  3. Klik >> pada tombol ‘Generate Favicon’
  4. Tunggu sebentar hingga proses selesai, klik pada ‘Click Here to Download your favicon’ untuk menyimpannya di komputer anda
  5. Masukkan logo ber-format .ico tersebut ke blog anda sesuai dengan langkah-langkah yang sudah saya uraikan di atas.
MASALAH & SOLUSI :
  • Saya tidak tau apa penyebabnya namun awalnya saya tidak dapat meng-upload gambar ber-format .ico untuk dijadikan favicon blog ini, muncul peringatan : ”Bukan jenis berkas yang valid”. Hal ini dikarenakan proses tersebut saya kerjakan melalui browser Mozila. Tapi anehnya saya justru bisa memasukkan gambar ber-format .ico untuk dijadikan favicon blog ini melalui Google Chrome dan semua terlihat baik-baik saja.
  • Awalnya favicon blog ini hanya bisa muncul jika dibuka melalui browser firefox, kemudian saya menghapus semua recent history dan cookies di semua browser lalu mencobanya kembali dan ‘tuing’ favicon blog ini tetap muncul meskipun dibuka melalui browser apapun (firefox, chrome, opera, bahkan IE). Tapi ntah apakah favicon blog ini tetap muncul di browser yang anda gunakan atau tidak. xixixixixi Senyum bingung
Saya belum pernah mendengar bahwa pihak blogger mem-banned blog yang mengganti icon default/bawa’an dari blogger. Tapi kalo blogger apes yang di banned karena menghilangkan navbar blogger sih katanya ada tapi cuma beberapa.
Saya yakin mengganti favicon blog dengan favicon milik sendiri ini sangat mudah untuk diterapkan, namun jika anda masih belum berhasil setelah menerapkan langkah-langkah di atas silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah.
Semoga tips “Cara Mengganti Favicon Blogger” ini bermanfaat.Senyum

Pengen bikin avatar kartun ala anda sendiri ? baca juga : [Buat Avatar Kartun Online dengan Mudah]
agus-hadi-photo-authorSetiap tutorial atau file download yang Anda temukan pada blog ini bebas digunakan untuk apapun sesuai dg keinginan anda, baik dengan maupun tanpa kredit ke blog ini. Tentang  |  Profil Google  |   Profil Blogger  |   Berlangganan via email
>> Ditulis dalam kategori ,

Anda dapat meninggalkan komentar, atau trackback dari blog anda.
Ada 5 Komentar tentang "Cara Mengganti Favicon Blogger"
  1. trimsssssssssssssssssssssss

    [Balas Komentar]

    thx info nyaaa

    [Balas Komentar]

    thank's

    [Balas Komentar]

    Oalaaa.. gitu toh?! Ya udah lam kenal deh..

    [Balas Komentar]

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar maupun pendapat anda pada kolom di bawah ini :

© Panduan - Info 2010 is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Hadi Wijaya