Anda disini » Home » » 10 Konfigurasi Dasar Menggunakan Windows Live Writer

10 Konfigurasi Dasar Menggunakan Windows Live Writer

Sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang : "Windows Live Writer" Alternatif Untuk Nge-blog Offline dan dilanjutkan dengan postingan berikutnya : “Cara Menambahkan Blog di Windows Live Writer”, kali ini masih dengan topik yang serupa yaitu :”10 Konfigurasi Dasar dalam Windows Live Writer”.Pada dasarnya, tulisan ini bersifat mengulas tentang plugin bawa’an atau plugin dasar yang sudah langsung ter-instal di komputer atau notebook ketika kita meng-instal windows live writer.
Dengan mengetahui plugin dasar dari windows live writer, maka akan semakin menunjukkan betapa nikmatnya nge-blog dengan menggunakan salah satu aplikasi gratisan dari microsoft ini. Terdapat beberapa kemudahan yang mungkin tidak akan anda temukan di post editor lainnya.
Untuk mengatur konfigurasi dasar pada windows live writer dapat dilakukan melalui Fitur Opsi yang dapat diakses melalui :
Klik pada pojok kiri atas >> Opsi atau bisa juga diakses melalui Beranda >> Kelola akun blog
mengatur konfigurasi dasar pada windows live writer-picture
  atau  mengatur konfigurasi dasar-plugin dasar- pada windows live writer-picture











Mari kita kupas konfigurasi dasar dalam windows live writer ini satu persatu :
1. Preferensi (Preferences)
cara konfigurasi dasar pada windows live writer-gambar
Dengan fitur ini anda dapat mengatur :
  • Aksi anda ketika menulis postingan (dengan 1 jendela atau beberapa jendela sekaligus).
  • Opsi Pengingat yang dapat dipilih dan akan muncul ketika anda memutuskan untuk mem-publikasi postingan, misalnya : Opsi Pengingat untuk mengetikkan Judul sebelum dipublikasikan, Opsi Pengingat untuk mengetikkan Kategori, Opsi Pengingat untuk mengetikkan Tag. Mungkin kelihatannya sepele namun fungsi ini benar-benar sangat bermanfaat apalagi bagi anda yang sering melupakan hal-hal yang kecil dalam menulis sebuah postingan.
2. Pengeditan (Editing)
Disini anda dapat mengatur beberapa opsi editing untuk mempermudah anda ketika menulis postingan dan menjadikan beberapa hal sepele dalam editing menjadi serba otomatis dengan windows live writer.


3. Akun (Accounts)
Dengan fitur ini anda dapat meng-edit akun blog yang anda gunakan dalam windows live writer, namun untuk menggunakan fitur ini ada beberapa pengeditan setting blog yang memerlukan koneksi internet dan tidak dapat dilakukan secara offline.


4. Masukkan Ini ke Blog (Blog This)
Bagi yang memahami HTML, fitur ini bisa menjadi sangat berguna untuk memberikan tambahan ataupun mengedit  HTML pada posting melalui windows live writer.
5. Ejaan (Spelling)
ejaan-spelling-konfigurasi dasar dalam menggunakan windows live writer-picture
Fitur ini pada dasarnya berfungsi sama seperti fitur pada MS. Word dimana kita dapat men-setting ejaan dalam posting. Kesalahan ejaan dalam tulisan pada postingan akan disorot dengan garis bawah berwarna merah. Namun bagi anda yang terganggu dengan fitur ini maka anda dapat menon-aktifkannya dengan mengganti ejaan menjadi “(Tidak Ada)”


6. Penautan Otomatis (Auto Linking)
penautan otomatis-auto linking-windows live writer-wlw-picture
Fitur ini benar-benar mempermudah pengguna WLW karena dengan fitur ini kita tidak perlu menulis satu-persatu alamat link atau url yang sering kita gunakan dalam menulis postingan. Cukup tambah daftar url/link yang sering anda gunakan kemudian simpan dalam daftar link otomatis dan selanjutnya ketika anda mengetik kata “target” yang telah anda masukkan dalam daftar maka windows live writer yang kemudian akan secara otomatis menyisipkan link/url pada kata “target” tersebut.


7. Plug-In (Plug-Ins)
Disini merupakan tempat dimana anda dapat melakukan pengaturan plugin pada windows live writer anda. Jika anda belum pernah meng-instal plugins windows live writer sebelumnya maka anda dapat melihat bahwa anda belum memiliki apa-apa di dalam daftar plugin tersebut. Plugins yang dimaksud disini adalah plugin tambahan untuk windows live writer yang dapat digunakan untuk semakin mempermudah kegiatan menulis melalui windows live writer. Enaknya lagi plugin-plugin tersebut bisa di-download dengan gratis melalui situs resmi microsoft untuk download plugins windows live writer [DISINI].


8. Proksi Web (Web Proxy)
Bagi yang koneksi internetnya menggunakan proxy, misalnya komputer kantor atau semacamnya maka anda perlu meng-konfigurasi proxy anda pada fitur ini. Jika fitur ini tidak diatur dan diaktifkan, maka anda tidak akan bisa mengirimkan atau mengupdate blog anda melalui windows live writer. Jika anda tidak paham tentang konfigurasi proxy dari komputer dan jaringan yang anda gunakan maka saya sarankan agar menanyakannya langsung kepada network administrator yang mengurus jaringan maupun komputer yang sedang anda gunakan.


9. Server Ping (Ping Servers)
server ping-ping servers-windows live writer-wlw-gambar
Bagi anda pengguna wordpress hosting berbayar tentu menggunakan server ping bukanlah hal yang asing karena wordpress telah mendukung fasilitas ping otomatis untuk blog namun bagi pengguna blogger/blogspot maupun wordpress gratisan biasanya hanya melakukan ping secara manual dan hal itu benar-benar membuang waktu. Dengan fitur ini maka anda dapat memasukkan daftar ping servers blog yang ingin anda gunakan dan akan langsung terkoneksi secara otomatis begitu anda mem-publish artikel dari windows live writer. Untuk mengetahui lebih jelas tentang ping service serta daftar ping blog silahkan baca pada postingan sebelumnya : “Ping Servis Otomatis untuk Optimasi Blog


10.  Pusat Kepercayaan
Fitur ini merupakan pusat pemberitahuan layanan dari microsoft tentang bagaimana privasi pengguna windows live writer dilindungi, persetujuan layanan microsoft, dan tata tertib windows live. Serta pengaturan untuk men-support microsoft dalam hal pengembangan windows live writer jika  anda mengizinkan update otomatis komputer anda terhadap microsoft.
Semoga bermanfaat. Bercanda kok

agus-hadi-photo-authorSetiap tutorial atau file download yang Anda temukan pada blog ini bebas digunakan untuk apapun sesuai dg keinginan anda, baik dengan maupun tanpa kredit ke blog ini. Tentang  |  Profil Google  |   Profil Blogger  |   Berlangganan via email
>> Ditulis dalam kategori

Anda dapat meninggalkan komentar, atau trackback dari blog anda.
Ada 4 Komentar tentang "10 Konfigurasi Dasar Menggunakan Windows Live Writer"
  1. saya ada trouble gan, setelah saya menginstal WLW, ketika akan di konfigurasi saya kerepotan gan, ada gak panduan konfigurasi WLW gan. thnak's ya gan

    [Balas Komentar]

    Gabung ya ommm masih cupu, butuh banyk ilmu...

    [Balas Komentar]

    Matur nuhun informasinya bermanfaat ini bro

    [Balas Komentar]

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar maupun pendapat anda pada kolom di bawah ini :

© Panduan - Info 2010 is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Hadi Wijaya