Anda disini » Home » , , » Bagaimana Cara Mendaftar di Alexa

Bagaimana Cara Mendaftar di Alexa

Saya sudah mendengar tentang Alexa semenjak sekitar 2 atau 3 tahun yang lalu, tapi saya tidak pernah punya niat untuk mencoba apalagi benar-benar mempraktekkannya. Selama ini saya hanya mengandalkan blog walking dan tukeran link untuk membuat blog saya kelihatan rame (biarpun kenyataanya tetap saja sepi.hehe). Sampai akhirnya saya mulai berubah pikiran dan memutuskan untuk ikutan menggunakan Alexa untuk mengoptimalkan blog yang satu ini. Awalnya seperti biasa, saya keliling dulu lewat mbah google untuk mencari petunjuk tentang "Bagaimana Cara Mendaftar di Alexa". Tapi malah jadi bingung, sepertinya petunjuk yang bertebaran di google tidak terlalu sesuai dengan kenyataan yang saya temui di website alexa sekarang. Mungkin karena website tersebut telah berganti penampilan atau mUngkin juga karena saya yang terlalu bodoh untuk mengikuti petunjuk-petunjuk tersebut. Daripada buang-buang waktu (sebenarnya sudah terbuang banyak) akhirnya saya memutuskan untuk usaha sendiri dan sukses juga. Berikut kisah saya ketika mendaftar di alexa :


1. Segera meluncur ke www.alexa.com atau klik disini.

2. Langsung klik Registrasi di pojok kanan atas.

3. Masukkan email dan password untuk mendaftar. Kemudian Alexa akan mengirimkan link
   aktivasi lewat email,nah ini dia yang jadi masalah, setelah ditunggu kok emailnya gak
   masuk-masuk ya?? Penasaran, saya coba daftar lagi, buka email lagi, masih belum ada 
   respon, tapi eiiits ada yang menarik!! Alexa melayani "Login Dengan Facebook!!" Lihat 
   nih gambarnya :

Okelah saya coba menggunakan yang itu, ternyata efektif !! Jadi kalau anda mengalami apa yang kurasa (aduh bahasaku) coba aja dengan cara tersebut, hei-hei jangan bilang kalo anda tidak punya facebook yeee.

4. Setelah berhasil masuk, saya disajikan kolom "Edit Your Site Listing" segera saya
    masukkan URL blog ini.
5. Langkah berikutnya adalah meng-klaim bahwa URL situs yang kita masukkan tadi adalah
    benar-benar situs milik kita.  Langsung saja klik "Claim My Site"


6. Kemudian saya dihadapkan pada dua pilihan (Luna atau Maya?). Pilhan tersebut adalah
    "Bagaimana kita ingin meg-klaim blog atau website kita tadi dengan dua cara yang
     berbeda untuk mem-verifikasinya."


PENJELASANNYA : Kalo anda menggunakan cara yang pertama, artinya tugas anda adalah membuat sebuah file format .txt dengan notepad, kemudian copy paste meta tag ke dalam file tersebut dan buat nama sesuai instruksi dari alexa, lalu upload file tersebut di root blog dalam hosting yang anda gunakan. Bingung?? Sama, saya juga!! Makanya saya memilih cara yang kedua, yaitu meletakkan meta tag di template blog kita. Meta tag yang mana sih?? itu tuh yang tulisannya seperti ini :
  
   <meta content='TGBJbybeUjjKlP-20u8HVlpAsOQ' name='alexaVerifyID'/>
  (Beda orang, beda pula meta tag-nya)

Meta tag ditaruh di template blogger kita, caranya : Buka Rancangan >> Edit HTML >> masukkan meta tag anda tepat dibawah kode <head> >> Klik Save

7. Kembali ke alexa, kemudian klik "Verify my meta tag". Kalo berhasil, akan mucul pemberitahuan seperti di bawah ini :

8. Klik "Edit Site Info", kemudian akan mucul kolom yang perlu diisi tentang informasi lengkap dari blog/website yang baru saja kita klaim tadi.
9. Setelah di isi dengan lengkap, klik Submit. Kemudian akan mucul pemberitahuan seperti
   ini :


Disana disebutkan : "Your information should be update within 2 business days", ya sudah....saya akan menunggu hingga 2 hari ke depan dan melihat apa yang akan terjadi. Bagaimana dengan anda?? berhasilkah ??

Jangan lupa : Baca juga Manfaat Alexa dan Cara Memaksimalkan Fungsi Alexa, [DISINI]
agus-hadi-photo-authorSetiap tutorial atau file download yang Anda temukan pada blog ini bebas digunakan untuk apapun sesuai dg keinginan anda, baik dengan maupun tanpa kredit ke blog ini. Tentang  |  Profil Google  |   Profil Blogger  |   Berlangganan via email
>> Ditulis dalam kategori , ,

Anda dapat meninggalkan komentar, atau trackback dari blog anda.
Ada 16 Komentar tentang "Bagaimana Cara Mendaftar di Alexa"
  1. udah berhasil sobat...
    terimaksih banayak bwt infonya...
    ternyata asik juga login lewat FB yah....

    [Balas Komentar]
    Anonim :

    gitu ya,login lewat FB lebih cpt dan lancar,awalnya kendalaku jg sama ma situ.hehe.makasih om infonya

    [Balas Komentar]

    Mw coba dulu mas ^_^

    [Balas Komentar]

    @ Sehat-mu : Sama-sama sobat..betul-betul-betul

    @ Topi : Semoga sukses boz :D

    [Balas Komentar]

    terimakasih infonya, jadi kenal sama tante Alexa

    [Balas Komentar]

    wah... nice share... berhasil... hehe .. thanks y..

    [Balas Komentar]

    Begitu ya caranya, saya coba dulu.

    [Balas Komentar]

    thx ya mas atas pentunjuknya...

    [Balas Komentar]

    pke layanan alexa gratis ga sih om?

    [Balas Komentar]

    @ Babakbelur : Yuppz gratis om..kalo bayar sih saya ga' mungkin pake'.hehehe

    [Balas Komentar]

    kok aku masih ribet sobat... masuk pake FB juga nggak keluar apa2 ya...

    [Balas Komentar]

    kok nggk bisa muncul di blog., itu gimana ya., apa saya salah nulis meta tag nya., soalnya dari alexa saya hanya di kasih meta tag ini i4qXrz3jUXNGrocjVgxbMLorZMo ., mohon solusinya apa harus di tambahin kode lain., kalo iya kasih tau ya.,

    [Balas Komentar]

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar maupun pendapat anda pada kolom di bawah ini :

© Panduan - Info 2010 is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Hadi Wijaya