Anda disini » Home » » APA ITU REFERRAL ??

APA ITU REFERRAL ??

Mungkin ada yang bingung saat melihat atau mendengar kata "referral". Mau tahu ?? Kalo anda pernah mengikuti atau hanya pura-pura tertarik pada dunia MLM tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan kata "downline", nah arti dari "referral" ya tidak jauh beda dengan "downline", tapi tidak selalu memiliki arti yang benar-benar sama persis (tergantung dari programnya masing-masing).
Bahasa ilmiahnya, "referral" adalah orang lain atau orang baru yang berkunjung atau bergabung atau membeli di sebuah situs tertentu berdasarkan saran atau referensi dari anda. Kasarnya, orang tersebut berhasil nyasar ke suatu situs tertentu karena tertarik dengan ajakan anda.


MANFAAT REFERRAL

Kalo anda termasuk orang yang menggeluti dunia Paid To Click (PTC), mungkin kata referral sudah tidak terlalu asing lagi, karena program referral adalah salah satu cara untuk menambah penghasilan dari dunia maya ini. Biasanya, programnya adalah : jika anda mengajak seseorang untuk ikut bergabung di website PTC tertentu maka anda berhak untuk mendapatkan komisi dari aktivitas klik iklan yang dilakukan oleh referral anda tersebut. Mungkin di satu sisi, anda akan mengira bahwa anda hanya akan menguntungkan orang lain jika anda bersedia untuk menjadi referralnya, tapi itu salah, karena jika anda mendaftar atau join tanpa referensi dari seseorang maka secara otomatis anda hanya akan menjadi seorang referral dagangan. Referral seperti ini biasanya disebut sebagai referral sewa.


APA ITU REFERRAL SEWA ??

Referral sewa adalah seseorang (member) yang mendaftar di website PTC tertentu tanpa menjadi referral orang lain. Pihak website secara sepihak akan menyewakan referral sewa pada para membernya yang ingin menyewa referral dengan biaya tertentu, dan tentu saja anda tidak akan mendapatkan komisi apa-apa dari kegiatan sewa-menyewa tersebut, anda bahkan malah memberikan keuntungan pada orang yang menyewa anda yang sama sekali tidak anda kenali.


MANFAAT MENJADI REFERRAL ORANG LAIN


Menjadi referral orang lain tentu saja ada manfaatnya, antara lain : anda bisa berteman dengan orang yang memberikan referensi kepada anda, bisa bertanya, bisa protes atau marah-marah, atau bisa juga mengajaknya bekerja sama atau saling bertukar referensi dan informasi agar sama-sama untung. Jadi, apakah anda tertarik atau tidak menjadi referral toh pada dasarnya itu sudah menjadi hukum tidak tertulis di dunia bisnis online, bisa dibilang ini juga merupakan salah satu wujud terima kasih kepada orang yang telah memberikan referensi kepada kita. Apalagi jika referensinya tersebut memang benar berguna bagi kita. Saya pribadi selalu dapat menghargai dan mengerti akan hal ini, karena toh kita juga akan dihadapkan pada situasi dimana kita juga harus mencari referral juga, mereka biasa menyebutnya : "Lingkaran Setan" 


Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat, artikel ini bukan bermaksud untuk menggoda anda agar mau menjadi referral dari program-program yang saya promosikan di sini, tapi lebih sekedar untuk menjadi bahan pertimbangan bagi anda yang ingin menimbang-nimbang (timbangan kaleee. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan pada kolom di bawah, sebisa mungkin saya akan menjawab semampunya...
agus-hadi-photo-authorSetiap tutorial atau file download yang Anda temukan pada blog ini bebas digunakan untuk apapun sesuai dg keinginan anda, baik dengan maupun tanpa kredit ke blog ini. Tentang  |  Profil Google  |   Profil Blogger  |   Berlangganan via email
>> Ditulis dalam kategori

Anda dapat meninggalkan komentar, atau trackback dari blog anda.
Ada 2 Komentar tentang "APA ITU REFERRAL ??"
  1. Setuju banget sob untuk manfaatnya. Bisa dapat tips bermanfaat pula dari Upline atau referrer kita. Jadi kegiatan berklik ria makin asyik hahahag... Tapi sayang banyak juga yang nggak mau, nggak tahu kenapa hemmm...

    [Balas Komentar]

    hmm.. wajar aja kalo byk orang yg anti dan gengsi jd referral org laen, mereka selalu berpikir kalo mereka hanya akan menguntungkan sang referrer atau upline padahal kalo dipikir-pikir nih ya : kedepannya khan mereka jg butuh referral juga tuh, lha kalo dia sendiri aja males jd referral org lain terus gimana mungkin dia bisa berharap ada orang lain yg mau jadi referralnya tanpa punya pola pikir seperti dia juga..
    halah ini ngomong apa toh, saya kok jd bingung sendiri..hehehe
    makasih dah berkunjung kemari.. :D

    [Balas Komentar]

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar maupun pendapat anda pada kolom di bawah ini :

© Panduan - Info 2010 is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Hadi Wijaya